Connect with us

FGD Perubahan Perwal Nomor 32 Tahun 2017

BERITA TERKINI

FGD Perubahan Perwal Nomor 32 Tahun 2017

Bekasi ( 05/07/2019)Pada hari ini Rabu, Tanggal Tiga Bulan Juli Tahun Dua Ribu Sembilan Belas,bertempat di Ruang Rapat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD), Surat Undangan  Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Bekasi Nomor : 005/450-Parbud.Par tanggal 28 Juni 2019 membahas tentang apartemen servis yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kepariwisataan dan dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait sebagaimana daftar hadir terlampir.

  1. Setelah dilakukan pembahasan, diterima beberapa masukan dari peserta rapat sebagai berikut:
  2. Bagian Hukum Setda Kota Bekasi :Cross check dengan smua aturan dasar;
  • Cross check dengan Peraturan Daerah dari Kota lain;
  • Acuan dari Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 11 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 14 Taun 2011 tentang Pajak Hotel.
  1. Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi :
  • Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi sangat mendukung terkait apartemen servis, guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah.
  1. Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi :
  • Pastikan fungsi IMB sebagai dasar penerbitan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP);
  • TDUP apartemen untuk diterbitkannya TDUP apartemen servis.
  1. Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi :
  • Peralihan fungsi apartemen menjadi tempat hiburan dan tempat usaha lain dijelaskan dalam Peraturan Daerah dan Peraturan Wali Kota.
  1. Kecamatan Bekasi Selatan :
  • Permasalahan rumah tinggal dijadikan tempat usaha penginapan.
  1. Hasil rapat :
  2. Apartemen servis bisa dibuatkan izin/bisa diterbitkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), sebagai dasar penerbitan izin adalah Peraturan Mentri Pariwisata Nomor 10 tahun 2018 tentang Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pariwisata dan Peraturan Walikota Nomor 32 Tahun 2017 tentang Kepariwisataan;
  3. Penerbitan Izin apartemen servis untuk ditindaklanjuti oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi (Bapenda) dengan mengutif pajak sesuai dengan ketentuan dan untuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dapat menertibkan apartemen servis yang tidak memiliki izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sesuai dengan kewenangan dan Ketentuan yang berlaku.

Continue Reading
You may also like...

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BERITA TERKINI

To Top