Connect with us

Babaritan ( Salametan Bumi ) Gelar Budaya di Kasepuhan Olot Parta Bala.

BERITA TERKINI

Babaritan ( Salametan Bumi ) Gelar Budaya di Kasepuhan Olot Parta Bala.

Bekasi ( 30/07/2018) Salah satu tradisi yang sering dilakukan masyarakat Kranggan adalah Upacara Babaritan atau disebut juga sedekah bumi ini digelar setiap tahunnya menyambut datangnyaTahun Baru Saka dan biasanya berlangsung seman sebulan penuh. Acara akan diisi dengan pagelaran Seni Pencak silat, pagelaran Topeng Betawi dari Group sumber Jaya dan Lain -lain.

Acara babaritan ini di laksanakan di Kasepuhan olot Parta Bolo Kampun Kranggan Wetan Sebuah perkampungan yang terletak persis diperbatasan antara Kota Bekasidan Kabupaten Bogor, (27/08). Masyarakat Kota Bekasi yang masih menjunjung tinggi dan lekat dengan kehidupan budaya dan tradisi masa silam, khususnya Masyarakat Kampung Kranggan sampai saat ini masih taat menjaga dan menhidupkan tradisi leluhur mereka.

Prosesi babarit itu diawali dengan pemanjatan do’a, disusul sambutan-sambutan dari kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi dan perwakilan tokoh masyarakat kranggan . Berikutnya baru menginjak pada acara inti diawali dengan irama musik pengantar tayuban kolaborasi alat-laat musik tradisional seperti kendang, goong, bonang, saron, dan gambang.

Prosesi tradisi babarit di krangan  tersebut sepintas hanya berupa pergelaran seni tayuban sunda, tetapi di dalamnya banyak mengandung pepatah yang harus dipertahankan serta dijunjung tinggi masyarakat.

Continue Reading
You may also like...

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BERITA TERKINI

To Top