Connect with us

Capacity Building 2020 Ajang Asah Ilmu dan Silaturahmi Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Bekasi

Uncategorized

Capacity Building 2020 Ajang Asah Ilmu dan Silaturahmi Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Bekasi

Bekasi – Sebagai tindak lanjut dari terpilihnya Kota Bekasi sebagai 1 di antara 8 kota dan kabupaten pertama yang dinilai layak memiliki creative hub di Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi bersama tim Bekasi Creative Hub berinisiatif untuk menyelenggarakan sebuah program pelatihan sekaligus silaturahmi bagi pelaku-pelaku ekonomi kreatif dengan tajuk Bekasi Creative Capacity Building 2020. 

Wakil Walikota Bekasi Dr. Tri Adhianto Tjahyono, S.E., M.M. menyampaikan kegiatan Creative Capacity Building merupakan satu kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

“Kita memiliki 8 narasumber yang sangat berkompeten. Gunakan, explore, sebaik-baiknya dan kemudian manfaatkan dalam rangka membangun Kota Bekasi yang memiliki komunitas kreatif. Pemerintah Kota Bekasi terus berupaya mempersiapkan infrastrukturnya. Kita sekarang ini membangun  Bekasi Creative Center Pemuda. Itu akan menjadi satu ajang kita bersama menjalin silaturahmi melalui dunia maya maupun tatap muka,” kata Tri saat membuka acara di Hotel Merapi Merbabu (16/11).

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi Drs. Tedi Hafni Tresnadi, M.Si.menerangkan potensi usaha ekonomi kreatif di Kota Bekasi dan ekspektasi event. 

“Dilihat dari segi jumlah orang maupun jenisnya, ekonomi kreatif Kota Bekasi sangat banyak. Hal ini menjadi potensi yang sangat positif bagi pengembangan kota, terlebih dengan dibangunnya gedung Bekasi Creative Center Pemuda di Lapangan Multiguna yang harapannya mampu menampung para kreator dan beroperasi tahun 2021 nanti. 

Soal outcome acara, selain memetakan dan mengetahui kondisi terkini ekonomi kreatif Kota Bekasi, kami ingin terjalin komunikasi positif antara sesama pelaku usaha yang menumbuhkan kerja sama, pertukaran ilmu, dan pengalaman yang berharga,” kata Tedi.  

Guna memenuhi ketentuan protokol kesehatan, peserta dibagi ke dalam 4 kelas yang masing-masing terdiri dari 20 orang secara bergiliran. Peserta kemudian menerima materi sekaligus diajak berkreasi oleh 8 pembicara yang berasal dari unsur Bekasi Creative Hub, Dewan Pengawas Kreasi Jabar, Pemuda Pelopor Patriot, dan tokoh-tokoh di bidang design thinking, business, digital marketing, dan ekonomi kreatif. 

Saat diminta mengomentari pelaksanaan acara, pemenang kreator logo HUT Kota Bekasi ke-21 Agus Hendrawan dari Kreatif Online Store (KIOSTO) berpendapat konten program tertata dan bermanfaat. 

“Acaranya diatur dengan sangat baik. Walaupun waktunya terbatas, namun materinya padat dan daging semua. Mantap,” kata Agus.

Program Director Bekasi Creative Hub Abi Sutanrai, S.Ars. menandaskan seluruh harapan teman-teman pelaku ekonomi kreatif ditampung dan jadi bahan pertimbangan. 

“Kita akan membuat program-program luar biasa lainnya yang melibatkan para pelaku ekonomi kreatif. Kita akan wadahi kolaborasi, langsungkan gelar produk, dan tahun 2021 memperluas calon pembeli, baik secara offline maupun online. Ini ditambah program Naik Kelas untuk meningkatkan kapasitas diri peserta,” jelas Abi mengenai rencana Bekasi Creative Hub pada masa mendatang.

Sumber : kreasijabar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top