Connect with us

BERITA TERKINI

Makam Ringin

Bekasi(19/12/2017)Kedua makam ini masih ada kaitannya dengan Makam duren/Kramat Duren yabg terletak di Kampung Pondok Benda.  Makam ringin berlokasi di depan perumahan Taman Firdaus 4 Jatiasih Bekasi. Dilokasi tersebut terdapat pohon beringin yabg diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Menurut cerita, apabila dahan pohon tersebut tidak pernah menimpa pohon bangunan makam. Di dekat pohon beringin tersebut terdapat 2 makam,  yaitu makam penari ronggong dan makam anaknya.  Sedangkan yang berada dalam bangunan terdapat dua makam,  yaitu makam Mbah Saup yang dikatakan sebagai ahli tasaup dan makam istrinya.  Disebelah kedua makam tersebut juga ada sebuah kasur yang di katakan sebagai symbol.

Di dekat makam ini juga terdapat sebuah mushola yang digunakan untuk para peziarah yang datang. Biasa nya peziarah mengunjungi makam tersebut untuk tahlilan. Selain itu,  ada pula orang yang datang ke makam untuk meminta pengobatan dan penglarisan.

Saat ini makam di urus oleh H.  Mulim(97)dan di bantu oleh cucu nya yaitu Bapak Afiz. H mulin merupakan keturunan ke – 9.  Biasanya mereka bertugas untuk menjaga kebersihan makam,  dan tentunya memintakan ijin apabila ada orang yang hendak berkunjung.

Sumber: H. ANDI SOPANDI, M. Si

Continue Reading
You may also like...

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BERITA TERKINI

To Top