Connect with us

Masjid Agung Al -Barkah

BERITA TERKINI

Masjid Agung Al -Barkah

Bekasi(23/11/2018)Masjid Al – Barkah pertama kali dibangun pada tahun 1890 diatas tanah wakaf milik Bahrun dengan luas 3000 meter persegi atas prakarsa H Abdul Hamid mantan penghulu Lanraad. Dari semenjak dibangun hingga saat ini telah mengalami beberapa kali renovasi dan tercatat renovasi pertama kali dilakukan pada tahun 1969.

Renovasi kedua dilakukan pada tahun 1988 pada saat Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Jawa Barat . Renovasi pada saat itu difokuskan untuk pembangunan ke depan dan ke samping kanan. Sedangkan pada tahun 1997 seiring dengan perkembangan zaman , Masjid Agung Al – Barakah mengalami renovasi kembali dengan fokus perkembangan dibagian dalam dan tempat wudhu. Terakhir kali, yaitu pada tahun 2002 renovasi dilakukan dibagian muka dan pembuatan kantor. Selanjutnya, pada tahun 2004 dilakukan renovasi total (pada masa pemerintahan H. Achmad Zurfaih), yang menelan biaya sekitar Rp 9,5 miliar. Pembangunan dan renovasi masjid ditandai dengan peletakan batu pertama pada hari Sabtu 26 Juni 2004, yaitu seusai sholat Subuh Berjama’ah Wali Kota Bekasi Achmad Zurfaih dengan unsur Muspida, tokoh alim ulama serta jama’ah yang hadir.

Masjid Agung Al – Barakah yang cukup representatif dengan arsitektur masjid yang didesain secara modern bergaya arsitektur Timur Tengah dapat menjadi sebuah icon Kota Bekasi sebagai Kota bernuansa ihsan. Selain itu, Masjid Agung Al – Barakah harus menjadi pusat syiar Islam dan menjadi area publik dimana orang bisa beribadah dan menikmati keindahan taman Kota di Alun – alun Kota Bekasi.

Continue Reading
You may also like...

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BERITA TERKINI

To Top