Connect with us

Sajian Kue Khas Lebaran di Bekasi

BERITA TERKINI

Sajian Kue Khas Lebaran di Bekasi

Bekasi ( 13/06/2017 )Selain dodol Betawi, ada beberapa panganan asli Bekasi yang biasanya mewarnai kue-kue yang disediakan untuk para tamu yang datang berkunjung, diantaranya adalah :

  1. Kue Akar Kelapa

Sebagian orang Bekasi menyebutnya sebagai kue procot. Dinamakan kue akar kelapa karena bentuknya mirip akar kelapa. Dinamakan sebagai kue procot karena saat digoreng, adonan di procotkan atau dikeluarkan secara perlahan menggunakan tabung yang sudah dilubangi di bagian ujung.

  1. Kue Rengginang

Kue Rengginang dibuat dari beras yang setelah diolah kemudian dijemur diterik matahari dan digoreng hingga mengembang. Ada dua pilihan rasa, yaitu Rengginang Manis dan Rengginang Asin.

  1. Kue Sagon

Kue ini dibuat dari tepung yang diberi rasa manis dan kemudian digarang (seperti disangrai) diatas bara api. Bentuk kue tergantung pada cetakan, bisa berbentuk oval, lingkaran, bergerigi maupun bentuk lainnya. Kue sagon yang terbuat dari tepung beras, setelah diletakan dinampan kemudian dipotong dengan rambut, lalu dijemur. Biasanya kue ini menjadi pelengkap hidangan ketika Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran). Kue sagon masih dapat ditemukan di daerah Kranji, Kaliabang, Bantargebang Srimurti Srimahi, Sriamur, Srijaya (Tambun).

  1. Kue Geplak

Kue ini mirip seperti kue sagon, namun biasanya disertai kelapa, dibentuk jajaran genjang dan rasanya manis. Kue Geplak tidak digarang diatas bara api.

  1. Kue Duit

Sesuai namanya, kue duit dibuat dari tepung yang dibentuk seperti uang logam. Setelah dijemur diterik matahari, kue duit digoreng sehingga gurih dan menjadi panganan yang makan seperti halnya makan emping. Kue Duit kadang dibubuhi tepung gula agar terasa manis.

  1. Kue Satu dan Kue Parocot

Ada beberapa jenis makanan untuk acara-acara tertentu, ada beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sebagai panganan harian, seperti kue onde-onde dan gemplong

Continue Reading
You may also like...

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BERITA TERKINI

To Top